Langsung ke konten utama

Sejarah Perkembangan IT


Saat kalian membuka artikel ini pasti kalian menggunakan smartphone, laptop, komputer, atau peranti lainnya yang mendukung. Peranti – peranti ini merupakan contoh hasil dari perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan peranti ini banyak sekali dampak positif yang bisa kita dapatkan, perkembangan teknologi ini juga mempermudah banyak pekerjaan kita.

Teknologi di bidang informasi dan komunikasi merupakan tekonologi yang paling sering mengalami kemajuan hingga sekarang. Teknologi ini ternyata sudah berkembang sejak lama bahkan dari zaman masa prasejarah loh. Menurut beberapa literatur, perkembangan ini dibagi menjadi empat era, yaitu era pramekanis, era mekanis, era elektromekanis, dan era elektonik. Nah gimana sih perkembangannya? Kok bisa teknologi canggih yang kita pakai seakrang ini sudah ada perkembangannya sejak manusia bahkan masih hidup di zaman batu? Mari simak ulasan berikut yaa!

Era Pra - Mekanis

Era pramekanis merupakan era dimana bahasa digunakan pertama kali seabagai alat berkomunikasi oleh manusia. Pada zaman ini mulai ditemukan ssitem huruf atau alfabet dan sistem angka. Beberapa alat pendukung komunikasi juga ditemukan pada zaman ini seperti kertas, pena, buku, dan kalkulator.

Perkembangan teknologi informasi ini dimulai pada tahun 3000 SM oleh Bangsa Sumeria di Mesopotomia yang mengembangkan tulisan pertama. Sebelumnya mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang mereka simbolkan dengan gambar – gambar sederhana yang ditulis di atas lempengan tanah liat.

<
Peninggalan gambar sederhana Mesopotomia Peninggalan tulisan di daun papirus Abjad Fenesia

Baru pada tahun 2600SM, Bangsa Mesir Kuno menulis pada daun papirus. Kemudian dilanjutkan oleh Bangsa Fenesia yang menciptakan berbagai symbol-simbol yang nantinya berkembang menjadi Alfabet Fenesia. Alfabet Fenesia ini merupakan akar bagi alfabet Yunani yang kita kenal sekarang. Dengan ditemukannya sistem alfabet dan kertas, manusia mencoba menyimpan apa yang ditulis ke dalam tempat penyimpanan yang sekarang kita sebut sebagai buku dan perpustakaan.

Era Mekanis

Nah selanjutnya ada era mekanis, di sini kita bisa melihat keterkaitan teknologi masa lalu dan teknologi masa kini. Dalam era ini pula terjadi ledakan informasi untuk pertama kalinya. Ditandai dengan ditemukannya mesin cetak pertama oleh Johann Gutenberg yang mendukung perkembangan buku. Berbagai teknologi baru lain yang juga dikembangkan pada era mekanis adalah komputer. Selain itu, teknologi lainnya yang juga ditemukan pada era mekanis adalah Pascaline yaitu komputer mekanis yang sangat terkenal yang ditemukan oleh Blaise Pascal. Selain berbagai temuan-temuan teknologi baru, berbagai mesin yang berbeda pun diciptakan pada era mekanis misalnya kalkulator.

Mesin cetak Johann Gutenberg Pascaline


Era Elektromekanis

Sekarang kita mulai masuk ke era yang merupakan dimulainya perkembangan telekomunikasi zaman sekarang. Apa sebenarnya telekomunikasi itu? Telekomunikasi adalah alat yang digunakan untuk transmisi informasijarak jauh melalui kabel atau radio/satelit tanpa merusak atau hilang karena gangguan. Perkembangan pada era ini berlangsung selama satu abad.

Ternyata, banyak sekali loh perkembangan revolusioner yang terjadi pada era ini. Contohnya, seperti ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell, kemudian diciptakannya radio oleh Guglie Marconi, dan lain-lain termasuk komputer digital.

Komputer digital otomatis besar pertama dibuat di Amerika Serikat dan diberi nama Mark 1 yang diciptakan oleh Universitas Harvard sekitar tahun 1940. Komputer pertama ini berukuran sangat raksasa yang memiliki tinggi 8 kaki, panjang 50 kaki, dan lebar 2 kaki dengan berat sekitar 5 ton. Komputer ini diciptakan untuk keperluan saat perang dunia berlangsung saat itu. Komputer ini juga merupakan awal terobosan untuk penemuan sekarang seperti komputer, laptop, dan smartphone.

Komputer Mark 1
Era Elektornik

Era elektronik adalah era yang saat ini sedang kita jalani yang berlangsung sejak 1940 hingga kini. Beberapa temuan penting pada era elektronik adalah komputer berkecepatan tinggi pertama yang menggunakan tabung hampa yang bernama ENIAC, program penyimpanan komputer pertama, komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC, dan berbagai evolusi teknologi komputer, teknologi komunikasi satelit, dan sistem komunikasi serat optik.

Nah setelah perkembangan tekonlogi infomasi tersebut, berkembang pula perkembangan komputer yang melewati beberapa generasi hingga komputer saat ini. Generasi komputer dimaknai sebagai sebuah tahapan pencapaian dalam teknologi komputer baik hardware maupun software. Yuk lihat perkembangan generasi komputer :

  1. Generasi Pertama
  2. Komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner masing-masing yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin” (Machine Language). ENIAC atau Electronic Numerical Integrator Computer adalah komputer digital pertama berkecepatan tinggi yang diprogram ulang untuk mengatasi luasnya permasalahan komputer. ENIAC dirancang untuk digunakan oleh militer Amerika Serikat. Mesin ini lebih besar dibandingkan dengan Mark 1. Sementara itu, UNIVAC atau Universal Automatic Computer adalah komputer pertama yang ditujukan untuk kepentingan komersial.

    ENIAC
  3. Generasi Kedua
  4. Pada komputer generasi kedua, diciptakan berbagai alat padat berupa transistor, pita magnetik, serta inti magnetik sebagai ruang penyimpanan internal dan lain-lain oleh William Shockley dkk. Alat-alat ini ditempatkan dalam tabung hampa yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan mengurangi yang lainnya. Komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dari komputer generasi pertama dan lebih murah secara produksi. Pada generasi ini diciptakan juga bahasa pemograman FORTRAN dan COBOL.

    Komputer Generasi Kedua
  5. Generasi Ketiga
  6. Komputer generasi ketiga digunakan pita magnetik, dan semikonduktor oksida logam. Pada generasi ketiga, komputer memiliki alat penyimpanan dan alat untuk keluar masuk seperti terminal visual display, tinta pembaca magnetik dan alat cetak berkecepatan tinggi, dan chip IC yang dapat meningkatkan kecepatan komputer. Sistem operasi yang sebenarnya muncul sekitar saat ini bersamaan dengan bahasa pemograman BASIC yang canggih. Komputer generasi ketiga berukuran lebih kecil dan lebih murah.

    Komputer Generasi Ketiga
  7. Generasi Keempat
  8. Nah pada generasi keempat ini merupakan generasi yang mulai relevan dengan keadaan kita saat ini. Komputer menggunakan CPU atau central processing unit yang berisi sirkuit memori, logika, dan kontrol semua pada satu chip tunggal. Pada tahun 1971, perusahaan terkemuka Amerika Serikat INTEL mengembangkan chip sirkuit terintegrasi yang disebut dengan prosesor mikro. Tahun 1976, Steve Wozniak mengembangkan serangkaian komputer mikro yang dinamakan The Allple Series dan merupakan komputer yang paling modern.

    Komputer Generasi Keempat
  9. Generasi Kelima
  10. Generasi ini merupakan generasi sekarang dan masa depan. Komputer generasi kelima adalah komputer yang tidak hanya memiliki kapabilitas terbaru seperti kecepatan, akurasi, penyimpanan, kemampuan berpikir dan membuat keputusan. Komputer generasi kelima disebut juga dengan Artificial Intelligence.

Nah tadi adalah pembahasan mengenai perkembangan teknologi informasi. Dari sekian banyak perkembangan pada era informasi, internetlah yang merupakan hasil perkembangan informasi paling mutakhir. Dengan adanya internet sangat mempermudah penyebaran informasi dan perkembangan - perkembangan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi OSI Layer

OSI Layer memiliki 7 layer yang terbagi menjadi upper layer dan lower layer . Layer/lapisan yang termasuk dalam upper layer  adalah lapisan aplikasi, presentasi, dan sesi. Sedangkan lapisan yang termasuk dalam lower layer  adalah network, transport, data link, dan fisik. Aplikasi / penggunaan dalam layer-layer tersebut adalah : Upper Layer 1. Lapisan Aplikasi - HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol ) yang digunakan untuk transfer file HTML dan Web. - DNS ( Domain Name Server ) yang merupakan database nama domain mesin dan nomor IP. - FTP ( File Transfer Protocol ) yang merupakan sebuah protokol untuk mentransfer file. 2. Layer Presentasi - SNMP ( Simple Network Management Protocol ) yang merupakan ptookol untuk manajemen jaringan. - Telnet, protokol untuk akses jarak jauh. - SMTP ( Simple mail Transfer Protocol ) yang merupakan protokol untuk pertukaran mail . 3. Layer Sesi - NETBIOS ( Network basic input output system ) - RPC ( Remote Procedure Call )  - S

OSI LAYER

Open System Interconnection (OSI) atau Layer OSI digunakan untuk menjelaskan cara kerja jaringan komputer secara logika. Tetapi model osi sendiri bukanlah sebuah protokol. OSI Layer mempunya 7 model beserta fungsinya masing-masing. 1. Physical Layer Lapisan ini adalah layer pertama. Physical layer berhubungan dengan fungsi persinyalan dan merupakan layer yang paling dekat dengan hardware. Adapun fungsi physical layer adalah : - Mendefinisikan media transmisi jaringan - Mendefinisikan metode persinyalan - Sinkorinasi bit data 2. Data Link Layer Lapisan selanjutnya adalah Data Link Layer yang memiliki fungsi sebagai berikut : - Melakukan pengkoreksian kesalahan - Menentukan bagaimana setiap bit dari data dikelompokkan ke dalam frame - Menentukan bagaimana sebuah perangkat keras dapat beroperasi. 3. Network Layer Selanjutnya adalah Networl Layer yang berfungsi untuk membantu mendefinisikan alamt IP, sehingga tiap komputer dapat terhubung dengan satu jaringan. 4.