Langsung ke konten utama

Desain Jaringan Komputer

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Apabila Ingin Mendesain Jaringan Komputer

1. Fault Tolerance / Toleransi Kesalahan

   Toleransi kesalahan merupakan tindakan meminimalisir terjadinya sebuah gangguan dalam membangun sebuah jaringan. Pembuat jaringan harus memastikan seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan dengan baik dan sempurna.
    Fault Tolerance dapat dilakukan dengan melakukan redundancy terhadap jaringan yang akan dibangun. Redundansi ini dilakukan dengan cara menduplikasi jalur yang digunakan untuk mentransmisikan informasi baik secara physical maupun logical.

2. Scalability

    Skalabilitas bisa diartikan bagaimana agar dapat menjaga performa dari jaringan komputer sehingga performanya tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan, seperti penambahan user dan network. Hal ini bisa dibayangkan seperti yang dialami oleh para service provider, dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjada performa dari jaringan yang dibangun.

3. Quality of Service

    Quality of Service merupakan cara bagaimana agar pembuat jaringan bisa membagi jatah resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi. misalnya pembagian pada sebuah organisasi berdasarkan posisi jabatan atau departemen. Dengan menerapkan QoS maka pembuat jaringan dapat menentukan prioritas terhadap penggunaan jaringan.

4. Security

      Keamanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah jaringan. Jaringan komputer yang dibangun harus aman, baik dari internal maupun eksternalnya. Dalam menjaga keamanan, pembuat jaringan harus memastikan terjaganya kerahasiaan informasi dan komunikasi sehingga hanya user aslinya yang dapat mengaksesnya.

Keuntungan dan Kerugian dari Jaringan Komputer

1. Keuntungan dari Jaringan Komputer

- Memberikan keamanan dan keteraturan data.
- Mempertahankan informasi agar tetap up-to-date.
- Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
- Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

2. Kerugian dari Jaringan Komputer

- Bisa terjadi sharing file yang tidak diinginkan.
- Pengaksesan file yang tidak terbatas.
- Kemungkinan terdapat virus lebih besar dan juga hacking dapat terjadi.
- Diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Contoh Pengimplementasian Jaringan Komputer dalam Kehidupan Sehari-Hari

   Salah satu pengimplementasian jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari salah satunya, yaitu penerapannya di lingkungan rumah. Dengan berkembangnya zaman saat ini, penggunaan komputer tidka hanya sebatas word processing, tetapi saat ini kita dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan modem, dial-up, broadband, dll. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSI LAYER

Open System Interconnection (OSI) atau Layer OSI digunakan untuk menjelaskan cara kerja jaringan komputer secara logika. Tetapi model osi sendiri bukanlah sebuah protokol. OSI Layer mempunya 7 model beserta fungsinya masing-masing. 1. Physical Layer Lapisan ini adalah layer pertama. Physical layer berhubungan dengan fungsi persinyalan dan merupakan layer yang paling dekat dengan hardware. Adapun fungsi physical layer adalah : - Mendefinisikan media transmisi jaringan - Mendefinisikan metode persinyalan - Sinkorinasi bit data 2. Data Link Layer Lapisan selanjutnya adalah Data Link Layer yang memiliki fungsi sebagai berikut : - Melakukan pengkoreksian kesalahan - Menentukan bagaimana setiap bit dari data dikelompokkan ke dalam frame - Menentukan bagaimana sebuah perangkat keras dapat beroperasi. 3. Network Layer Selanjutnya adalah Networl Layer yang berfungsi untuk membantu mendefinisikan alamt IP, sehingga tiap komputer dapat terhubung dengan satu jaringan. 4.

Sejarah Perkembangan IT

Saat kalian membuka artikel ini pasti kalian menggunakan smartphone, laptop, komputer, atau peranti lainnya yang mendukung. Peranti – peranti ini merupakan contoh hasil dari perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan peranti ini banyak sekali dampak positif yang bisa kita dapatkan, perkembangan teknologi ini juga mempermudah banyak pekerjaan kita. Teknologi di bidang informasi dan komunikasi merupakan tekonologi yang paling sering mengalami kemajuan hingga sekarang. Teknologi ini ternyata sudah berkembang sejak lama bahkan dari zaman masa prasejarah loh. Menurut beberapa literatur, perkembangan ini dibagi menjadi empat era, yaitu era pramekanis, era mekanis, era elektromekanis, dan era elektonik. Nah gimana sih perkembangannya? Kok bisa teknologi canggih yang kita pakai seakrang ini sudah ada perkembangannya sejak manusia bahkan masih hidup di zaman batu? Mari simak ulasan berikut yaa! Era Pra - Mekanis Era pramekanis merupakan era dimana bahas

Perancangan Basis Data

6 Tahap Perancangan Basis Data      1. Pengumpulan data dan analisis             Tahapan ini meliputi kegiatan sebagai berikut :     Menentukan siapa yang akan memakai basis data dan batasan bagaimana aplikasi tersebut akan bekerja. Melakukan pengumpulan informasi dari dokumentasi yang pernah ada Menganalisis proses di dalam organisasi dan bagaimana data akan diproses Membuat daftar pertanyaan dan melakukan wawancara       2. Perancangan basis data secara konseptual                Pada tahap ini dilakukan perancangan konsep basis data, seperti membuat skema alur basis data serta perancangan alur transaksi yang nantinya akan dilakukan dalam basis data.      3. Pemilihan BDMS          Beberapa faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih DBMS adalah : Faktor Teknik, yaitu bagaimana keberadaan DBMS dalam menjalankan tugasnya, seperti jenis-jenis DBMS;  relational, network, dan hierarchical, struktur penyimpanan, dan jalur akses yang mendukung DMBS, user , dan lain-lain. Faktor E